Sabtu, 03 Juni 2017

SEJARAH KOMPUTER GENERASI 3

KOMPUTER GENERASI KE 3



Komputer pada generasi ke 3 sudah banyak mengalami perubahan pada komponenya yang sudah menggunakan teknologi terpadu dengan cara meletakan ribuan transistor pada sebuah keping silicon yang di kenal dengan large scale integration(LSI).
Bahasa yang di guinskan pada komputer ini adalah BASIC dan PASCAL.Komputer generasi ketiga ini Konsepnya semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan berbagai penelitian sehingga waktu demi waktu perkembangan komputer mulai mencapai era minikomputer.Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan inovasi paling baru pada masa itu yang di terapkan pada komputer generasi ketiga.
Pada IC CIP terdiri dari Cincin magnetic yang dapat di-magnetisasi secara 1 arah ataupun berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi “ON” ataupun “OFF” yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep logika 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Pada setiap bidang memory terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masing mewakili 1 bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada di dalam 1 chip berukuran sangat kecil.
Boleh di katakan pada era ini merupakan awal perkembangan mikro elektronic yang nantinya menjadi tonggak dunia digital seperti sekarang ini.
Komputer generasi ke tiga diantaranya adalah IBM 360(1964),PDP-8(1965)dan pada perkembangan berikutnya muncul komputer yang ukuranya jauh lebih kecil dan hanya membutuhkan catu daya yang rendah sehingga penggunaan tenaga listriknya jauh lebih hemat.Komputer generasi ketiga yang menggunakan IC pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory.seperti PDP-11,IBM S/30,NOVA,CDC 3000.
             

Jadi secara singkat komputer pada generasi ketiga ini ciri cirinya adalah:

  • Komponen yang di gunakan adalah IC ( Integrated Circuit )yang berbentuk solid logic tech dan monolithic integrated circuit
  • Proses operasinya jauh lebih cepat dan akurat
  • Kapasitas memori komputer jauh lebih besar daripada generasi sebelumya
  • Ukuran fisik lebih kecil
  • Konsumsi daya listrik jauh lebih rendah dan hemat
Demikian ulasan singkat tentang 'SEJARAH KOMPUTER GENERASI KE TIGA'.Semoga bermanfaat.
tanks!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar