Minggu, 28 Mei 2017

BITCOIN


Apa itu bitcoin?



Bitcoin adalah mata uang virtual digital atau elektronik yang bisa di gunakan untuk berbagai transaksi seperti mata uang lainya,hanya saja jenis mata uang ini tidak mempunyai bentuk secara fisik layaknya mata uang konvensional.
Bitcoin tidak bisa di dapatkan di dunia nyata sebab mata uang ini hanya beredar melalui perangkat lunak sumber terbuka dengan menggunakan jaringan peer to peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal dan tidak punya lembaga khusus yang mengatur peredarannya sehingga bitcoin tidak bergantung dengan mempercayai penerbit utamanya,bisa di katakan BITCOIN merupakan mata uang yang terdesentralisasi.
Pemerintah atau lembaga apapun tidak mungkin  otoritas untuk memanipulasi nilai dari Bitcoin-Bitcoin atau menyebabkan inflasi dengan memproduksi lebih banyak bitcoin.Uniknya bahwa bitcoin ini bersifat anonymous, artinnya bitcoin di desain untuk kepemilikan tanpa identitas dan pemindahan kekayaan atau saldo bitcoin tidak di simpan di bank atau lembaga keuangan lainya melainkan menggunakan computer pribadi atau smartphone dalam sebuah format file wallet.
Dengan menggunakan alamat wallet yang berupa baris kode kombinasi huruf dan angka (private key).seseorang bisa memiliki alamat wallet lebih dari satu bahkan bisa di katakan tidak ada batas.Jika seseorang mau membeli atau mendapatkan bitcoin maka wajib memiliki WALLET BITCOIN atau DOMPET BITCOIN dengan cara mendaftar melalui situs penyedia wallet bitcoin.Perlu di ketahui bahwa situs web penyedia wallet bitcoin tidak akan pernah tau siapa pemilik alamat wallet jika pemilik tidak memberi tau.





Lantas siapa pencipta atau yang mengembangkan bitcoin?



Bitcoin di ciptakan dan di kembangkan oleh seseorang  misterius yang menggunakan nama SATOSHI NAKAMOTO pada tahun 2009,namun sebelum itu pada tahun 1998 Wei Dai telah mendeskripsikan Bitcoin yang di sebut sebagai cryptocurrency dalam milis cypherpunks,di awali dengan hadirnya 50 bitcoin pertama di dunia yang di hasilkan melalui system tersebut yang selanjutnya di kenal dengan sebutan “Genesis Block”.Kemudian Satoshi Nakamoto sendiri mulai menambang Genesis Block itu pada tanggal 3 januari 2009.Nama Satoshi kemudian di jadikan satuan pecahan kecil bitcoin.
Seiring berjalanya waktu mata uang digital milik Nakamoto semakin banyak di lirik untuk transaksi digital.Popularitasnya perlahan menanjak hingga menarik perhatian kalangan pengguna transaksi digital yang lebih luas.Nilai bitcoin semakin meningkat dari pertama di luncurkan dengan harga 1 dollar AS kemudian pada pertengahan Desember 2013 nilai bitcoin naik menjadi 710 dollar AS.
Bisa di bayangkan jika saat pertama kali di luncurkan anda membeli 1000 bitcoin saja dengan harga 1 USD/BITCOIN dan di jual pada desember 2013 maka saya ucapkan selamat ! anda menjadi milyarder,Apalagi jika dijual sekarang (ketika artikel ini di buat/juni 2017 harga 1 Bitcoin=2,230 USD) wow ! hitung sendiri jumlahnya berapa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar