Jumat, 02 Juni 2017

CARA MEMPERKUAT SINYAL MODEM USB GSM/CDMA

CARA MEMPERKUAT SINYAL MODEM USB MENGGUNAKAN ANTENA SEDERHANA

Salah satu kelemahan modem USB baik yang GSM maupun CDMA adalah sulitnya mendapatkan sinyal yang setabil,hal ini di sebabkan karena panel antena yang berada di dalam perangkat modem tersebut sangat mini.Selain itu kualitas jaringan yang kurang bagus sehingga koneksi internet menjadi terganggu.Apalagi jika lokasi anda jauh dari sumber jaringan atau BTS hal ini tentu akan memperparah keadaan.
Berbagai cara mungkin sudah anda coba untuk mengatasi hal ini,biasanya dengan menambahkan kabel konektor USB yang panjang (kabel extender USB) agar modem bisa di tempatkan lebih tinggi,harapanya agar sinyal bisa bertambah.Penggunaan kabel tambahan memang bisa memperbaiki sinyal pada modem,akan tetapi hasilnya kurang memuaskan paling hanya nambah beberapa bar saja itupun tidak stabil dan sering menghilang begitu saja.
Untuk mengatasi hal itu saya akan mencoba berbagi tips cara memperkuat sinyal pada modem GSM/CDMA.Untuk memperbaiki kualitas sinyal baik GSM maupun CDMA bagi pengguna internet yang lokasinya jauh dari BTS sebaiknya menggunakan antena external tambahan,namun masalahnya untuk membeli antena semacam ini harganya cukup mahal saya sendiri berpikir dua kali untuk mendapatkanya.Maka dari itu saya berpikir bagaimana caranya untuk membuat sendiri antena penguat sinyal modem gsm/cdma dengan biaya murah.
Setelah bahan-bahan yang saya butuhkan sudah terkumpul kemudian saya rangkai sesuai dengan desain yang saya sket sendiri menggunakan teknik sederhana.setelah saya anggap jadi kemudian saya uji hasilnya,dan ternyata sinyalnya bertambah cukup signifikan! bahkan sinyal EVDO nya (menggunakan modem cdma sartfren) nembus 4 bar dan sangat stabil.Kemudia  saya coba menggunakan modem gsm dan hasilnya sinyal 3G nya sangat memuaskan.
Bagi para netter yang ingin mencoba berikut ini cara membuat antena penguat sinyal modem USB  GSM/CDMA.Caranya mudah dan bahanya pun mudah di dapat.

Bahan:
- wajan ( penggorengan) dari alumunium bekas/baru 10"
- pipa PVC 1/2" (pipa air ledeng)
- holder microphone
- pipa penyangga untuk tiang (diameternya sesuaikan dengan holder mic)
- kabel USB extender 
- lem bakar

Cara membuat:
1. Siapkan wajan bekas yang akan di gunakan,usahakan yang terbuat dari alumunium tipis agar tidak terlalu berat.buang bagian peganganya.kemudian buatlah lubang tepat di tengah-tengah wajan tadi,lebarnya sesuai diameter pipa PVC.
2. Potong pipa PVC sepanjang 15 cm,gunakan pipa yang tidak terlalu keras agar mudah memasukan modemnya.
3. Masukan pipa PVC pada lubang yang telah di buat.(posisi lihat gambar)
4. Rekatkan pipa dengan wajan menggunakan lem bakar.
5. Masuka kabel USB ke dalam pipa dengan lubang konektor USB tepat di ujung pipa.
6. Rekatkan antara konektor dengan pipa PVC dengan lem bakar sampai memenuhi lubang di sekeliling konektor USB.
7. Pasang holder microphone di belakang parabola rekatkan dengan pipa menggunakan lem
8. pasang tiang penyangga pada holder mic.

Antena siap di gunakan
jenis antena ini dapat di pasang di dalam ruangan dengan ketinggian 2,5 m.
selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar